Monday, August 4, 2014

Implementasi Algoritma Selection Sort dengan Java



Untuk mengimplementasikan algoritma Insertion sort pada postingan ane yg ini menggunakan bahasa pemrograman Java, gunakanlah syntax berikut ini :



Di syntax ini pada baris 10 sampai 32 adalah syntax untuk deklarasi array angka dan menginput nilai pada masing-masing elemen yang dimiliki oleh array angka yang nanti akan disorting dengan algortima Selection Sort, lalu pada baris 35 sampai 49 adalah syntax untuk menerapkan algoritma Selection Sort.

Pada baris 35 terdapat for looping yang memiliki kondisi i=0 dan selama i < elements maka nilai i akan bertambah 1, lalu pada baris 37 terdapat deklarasi variabel min (index dengan nilai minimum) dan index minimum dimulai dari index 0 (index awal). Di baris 38 terdapat for looping dengan kondisi j=i + 1 dan selama j < elements maka nilai j akan bertambah 1, lalu di baris 40 terdapat if dimana jika angka[j] < angka[min] maka isi dari variabel min adalah j. Di baris 46 sampai 48 barulah syntax untuk menukar posisi nilai pada index angka[i] dengan angka[min]. Dan berikut adalah hasil dari implementasi dari algoritma Selection Sort :



Sekian postingan dari ane gan, semoga bermanfaat. Bila ada kesalahan mohon di koreksi dan dimaklumi :Peace:
 

No comments:

Post a Comment