Tuesday, July 15, 2014

Compile manual file source code C#

  • Bagaimana mengcompile manual file dengan eksteni .cs (C#)
Dalam mengembangkan sebuah aplikasi seorang programmer dibantu dengan tool yang bernama SDK (Software Development Kit) seperti visual studio, NetBeans, dll dan pada SDK developer bisa langsung mengcompile source code sebuah aplikasi dengan 1 kali klik saja, akan tetapi jika kita sedang menulis baris source code yang sifatnya hanya aplikasi sederhana dan kita menulisnya tidak di SDK melainkan di notepad, notepad ++, Sublime, atau sebagainya kita harus mengcompile terlebih dahulu source code tersebut menjadi bahasa assembly (bahasa mesin) yang dimengerti oleh CPU dengan begitu kita harus bisa mengetes apakah aplikasi yg kita tulis tadi berjalan dengan baik atau tidak.

Dan untuk mengcompile file source code dengan extensi file .cs (C#) dengan CMD kita dapat menggunakan aplikasi yang bernama .NET Framwork, .NET Framework sendiri adalah sebuah framework yang menjembatani bahasa pemrograman yg dikeluarkan oleh microsoft dengan OS Windows sehingga aplikasi yg kita tulis dapat berjalan di OS Windows. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Masuklah ke direktori tempat .NET Framework terinstall yaitu di C:\Windows\Microsoft.NET\Framework


2. Disini agan bisa memilih versi .NET Framework berapa yang ingin agan pakai, pada contoh kali ini ane menggunakan .NET Framework versi 3.5. Lalu copy URL direktori dari .NET Framework yang agan pilih.


3. Jalankan CMD dan ketik comman path="" dan paste URL direktori .NET Framworknya ditengah-tengah tanda ("").


4. Dan hasilnya akan seperti ini, lalu tekan enter untuk meng-accept compiler yang akan digunakan


5. Setelah itu cobalah untuk mengcompile file codingan agan, disini ane mengcompile file Bubble.cs, ketikkan command csc Bubble.cs lalu tekan enter jika proses compile berhasil maka akan tampil keterangan seperti ini 


6. Jika sudah nanti akan muncul file bernama Bubble.exe, di direktori yang sama dengan file Bubble.cs berada dan file Bubble.exe tersebut sudah bisa di execute oleh agan. Selesai.

Sekian tutorial singkat dari ane, semoga bermanfaat jika ada yang salah mohon dikoreksi dan dimaklumi :Peace:.

No comments:

Post a Comment