Tuesday, July 15, 2014

Implementasi Algoritma Bubble Sort dengan C#



Untuk mengimplementasikan algoritma bubble sort dari postingan ane yang ini menggunakan bahasa pemrograman C#, gunakanlah syntax berikut ini :


Pada syntax tersebut baris 12 sampai 51 hanya metode untuk menginput banyak elemen pada variabel Elements dan nilai yang disimpan pada elemen-elemen yang ada pada array Angka. Sedangkan pada baris 54 sampai 65 adalah baris syntax untuk metode bubble sort.

Pada baris 54 terdapat syntax for looping dimana looping tersebut kondisinya memiliki variabel i dengan nilai awal 1 dan selama i memiliki nilai lebih kecil dari variabel Elements maka nilai i akan bertambah. Lalu pada baris 56 kembali ada syntax for looping dimana looping tersebut memiliki kondisinya memiliki variabel j dengan nilai awal 0 dan selama j memiliki nilai lebih kecil dari variabel Elements-i maka nilai j akan bertambah, setelah itu barulah metode untuk tukar posisi dilakukan yaitu dengan syntax if dengan kondisi jika Angka[j] > Angka[j+1] maka nilai pada kedua index tersebut akan ditukar posisinya. Berikut adalah demo dari implementasi algoritma bubble sort dengan C# :

  

 Jika agan belum tau cara mengcompile syntax diatas silahkan melihat postingan ane tentang compile manual file dengan extensi .cs dengan CMD disini.

Sekian postingan ane semoga bermanfaat, jika ada yang salah mohon dikoreksi dan dimaklumi karena ane masih newbie :Peace:

No comments:

Post a Comment